BKKBN Maluku Lakukan Pembagian Masker di Kota Ambon

Ambon – Sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 di Maluku, Perwakilan BKKBN Maluku laksanakan kegiatan pembagian masker kepada masyarakat yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan pekerja informal. Kegiatan yang dimotori oleh Bidang ADPIN Perwakilan BKKBN dengan menggunakan Mobil Unit Penerangan KB (MUPEN) berkeliling di Kota Ambon sekaligus melakukan KIE akan bahaya dan cara memutus penyebaran Covid-19.

Kabid ADPIN Perwakilan BKKBN Maluku, Abdul Kadir Peluw menjelaskan, pembagian masker ini sebagai upaya preventif melindungi dan mengedukasi warga dari Covid-19. Apalagi, protokol kesehatan juga mewajibkan masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. “Nah, untuk masker itu kita bagikan yang kain, supaya bisa dicuci dan dipakai lagi. Kalau masker bedah kita konsentrasi gunakan untuk tenaga medis, dokter dan staf rumah sakit,” katanya.

Di sisi lain, Peluw menyebut, pembagian masker kain kepada masyarakat bertujuan pula untuk mengedukasi mereka. Dengan harapan, masyarakat bisa membuat sendiri masker berbahan dasar kain tersebut. “Masyarakat kita edukasi dengan masker kain, syukur-syukur mereka bisa membuat sendiri,” terangnya.

Kaper Perwakilan BKKBN Maluku, Renta Rego  berharap gerakan pembagian masker ini dapat berkontribusi maksimal menekan penyebaran Covid-19 di Maluku.  Karena ini merupakan tanggung jawab bersama dalam pencegahan virus Corona, sesuai rekomendasi WHO semua harus menggunakan masker dan rekomendasi tersebut diteruskan dengan imbauan KITA SEMUA WAJIB PAKAI MASKER serta imbauan Walikota Ambon  yang menekankan agar masyarakat, khususnya di Kota Ambon selalu menggunakan masker saat keluar rumah.   (web)