Dinas PPKB Kota Ambon Gandeng BKKBN Maluku Sosialisasi Covid-19 Di Letisel

Ambon- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon melakukan Sosialisasi, Penceharan dan Penanggulangan Covid-19 bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) Kota Ambon, bertempat di Balai Penyuluhan KB Letisel, Selasa (19/5/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Kota Ambon, Ir. W. J. Patty, M.Si dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Kota Ambon, Ir. W. J. Patty, M.Si saat memberikan penguatan, semangat dan motivasi bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD di Kecamatan Letisel mengatakan, dalam menjalankan tugas ditengah-tengah masyarakat selalu mengikuti protokol penanganan dan pencegahan Covid-19, dengan memakai masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak (Physical Distancing).

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego mengatakan, di masa Pandemi Covid-19 ini Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku terus berupaya menghimbau kepada masyarakat sesuai anjuran Pemerintah Provinsi Maluku, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta meminta masyarakat untuk menunda kehamilan di masa-masa sulit ini. Kalau bisa, bagi yang belum hamil jangan hamil dulu di masa pandemi ini,” ucap Renta.

Untuk itu, peran kader PPKBD dan Sub PPKBD di desa diharapkan untuk memberikan motivasi dan informasi program BKKBN di masa Pandemi Covid-19 ini.

Alasan mengapa sebaiknya masyarakat menunda kehamilan di saat Pandemi Covid-19 ini adalah pertimbangan mengenai kesehatan perempuan yang hamil serta kondisi fasilitas kesehatan selama pandemi.

“Karena orang hamil, terutama hamil muda kan, daya tahan tubuhnya turun. Kalau daya tahan tubuhnya turun maka sangat mudah terkena infeksi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pembagian masker dan Alat Kontrasepsi yang diberikan oleh Petugas Lapangan KB Kecamatan Leitimur Selatan kepada para kader PPKBD dan Sub PPKBD, untuk melayani masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Kecamatan Leitimur Selatan. (Humas)