Sebanyak 154 Kader UPPKS Di Ambon Dapat Paket Bantuan Dari BKKBN Maluku

Ambon – Sebanyak 154 kader Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Kota Ambon mendapat tiga jenis paket bantuan Covid-19 dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

Paket bantuan ini merupakan kegiatan Penguatan Program Pemberdayaan Ekonomi Keluarga pada momentum Harganas tahun 2020 dalam masa pandemi Covid-19.

Moment ini sebagai kegiatan Pasca Harganas tahun 2020 yang bertemakan “Sosial Kemanusiaan”, sesuai dengan panduan yang diturunkan dari BKKBN Pusat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (10/7/2020) pada lima kecamatan di Kota Ambon, dengan titik start dari Kecamatan Leitimur Selatan, Sirimau, Nusaniwe, Teluk Ambon dan berakhir di Kecamatan Baguala.

Hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan itu masing-masing : Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Dra. Renta Rego, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, Ir. Welly Patty, M.Si, Perangkat Desa/Negeri Leahari (Kampung KB), Koordinator Kecamatan Balai Penyuluhan KB, Penyuluh KB dan Penyuluh Lapangan KB (PKB/PLKB), serta Kader Kelompok UPPKS.

Kaper BKKBN Provinsi Maluku, Dra. Renta Rego usai menyerahkan bantuan Covid-19 kepada kader Kelompok UPPKS di Kampung KB Desa Leihari Kec. Leitumur Selatan Kota Ambon, menyampaikan ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan kader Kelompok UPPKS, yang selama ini telah aktif dan bekerjasama membantu mensukseskan program Bangga Kencana di wilayah masing-masing.

Sekaligus memberikan semangat kepada kader UPPKS untuk terus beraktifitas dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan untuk mencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Renta, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku kepada kader kelompok kegiatan, khususnya Kelompok UPPKS dalam menyikapi situasi saat ini yakni pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan ditujukan kepada semua kader Kelompok UPPKS pada lima kecamatan di Kota Ambon, yang data kelompoknya berdasarkan laporan SIGA (Sistem Informasi Keluarga) yang dipantau langsung oleh BKKBN Pusat.

“Jadi sebanyak 154 kader Kelompok UPPKS termasuk yang ikut KB yang berhak mendapat bantuan ini,” ucap Renta.

Bantuan sembako yang diberikan sebanyak 154 paket dimana satu paket Sembako terdiri dari : beras 5 kg, terigu 1 kg, ikan sarden 1 kaleng, minyak kelapa 1 kg, susu kaleng 1 buah, mie kering, kopi.

Paket pencegahan Covid-19 berupa Handsanitizer 154 botol dan masker sebanyak kurang lebih 450 pcs, serta Paket program pemberdayaan Ekonomi Keluarga berupa Leafleat, materi program, dan buku panduan.

Ibu Lily Kastanya, kader dari Kelompok UPPKS Vicanova yang berlokasi di Batu Gantung Dalam, Kelurahan Mangga Dua Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon mangucapkan terimakasi dan apresiasi positif terhadap kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak serta apresiasi positif kepada Ibu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku bersama jajarannya, atas kepedulian yang tinggi terhadap semua kader UPPKS di Kota Ambon termasuk kader Kelompok UPPKS Vicanova. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niat baik ini,” ucap ibu Lily.  (TM)