BKKBN Maluku Gelar Sosialisasi Program Bangga Kencana Bersama Mitra Kerja

Perwakilan BKKBN Prov. Maluku menggelar Sosialisasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) bersama Mitra Kerja Provinsi Maluku, Tahun 2020 bertempat di Gedung Wisma Muzdalifah (Asrama Haji) Desa Waiheru Ambon, Kamis (22/10/2020).

Satgas Covid-19 Kota Ambon telah memberikan izin bagi terlaksananya kegiatan ini, dan peserta kegiatan yang hadir selalu mematuhi protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, SH sekaligus membuka kegiatan dimaksud, Deputi ADPIN BKKBN yang diwakili oleh Wahidah P. S.Sos. M.Si, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga, Ketua DPRD Maluku Drs. Luky Wattimuri, M.Si, serta Bapak/Ibu Mitra Kerja.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Maluku, Dra. Renta Rego dalam laporannya mengatakan, program Bangga Kencana tidak mungkin dapat dilakukan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku semata. Oleh karena itu dibutuhkan kebersamaan, dukungan, komitmen, kepedulian, partisipasi, dan kerja sama dari berbagai mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah.

Menurut Renta, sosialisasi program Bangga Kencana bagi Mitra Kerja merupakan kegiatan yang sangat penting dan strategis dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan dukungan dan komitmen para stakeholder dan mitra kerja, maka program ini bisa langsung dirasakan oleh keluarga dan masyarakat secara luas.

“Pemerataan pengelolaan dan pelaksanaan program Bangga Kencana terutama di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan dan juga di Kampung KB dirasakan belum optimal,” ucapnya.

Oleh karena itu, untuk mendelivery diperlukan dukungan komitmen dari para pemangku kepentingan dan Mitra Kerja terkait, peran Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), Kelompok Kegiatan (Poktan) yang ada di lini lapangan, sehingga dapat memberikan solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat dan keluarga.

Peserta Kegiatan Sosialisasi Selalu Memakai Masker dan Menjaga Jarak.
Peserta Kegiatan Sosialisasi Selalu Memakai Masker dan Menjaga Jarak.

Dikatakan, pada era milenial saat ini, program Bangga Kencana menghadapi tantangan yang cukup kompleks, sehingga diperlukan kemitraan yang sangat kuat untuk mewujudkan sasaran program yang telah ditentukan.

Renta Rego berharap sekaligus mohon dukungan dan kerja keras mitra kerja, untuk menjalin kemitraan serta selalu berorientasi pada out put dengan membuat rencana aksi yang konkrit dan dapat terimplementasi di lini lapangan, serta berdampak langsung kepada masyarakat.

Kemitraan dengan pemangku kepentingan dan mitra kerja yang telah dibangun perlu diefektifkan secara konkrit. Hal ini sangat penting karena kerja nyata dan karya nyata sangat dibutuhkan untuk keberhasilan program Bangga Kencana ke depan.

Sosialisasi program Bangga Kencana bertujuan untuk penguatan komitmen dan dukungan dari seluruh stakeholder terutama mitra kerja terkait, dalam pengelolaan program untuk memperkuat arah kebijakan yang dituangkan dalam kegiatan-kegiatan prioritas yang dapat memberikan daya ungkit dalam upaya pencapaian target sasaran Rencana Strategis Program Bangga Kencana 2020-2024 di Provinsi Maluku.

Termasuk peran serta Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PKB/PLKB) dan Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP), Kelompok Kegiatan (Poktan) yang ada di lini lapangan, peranannya amat penting dalam keberhasilan program Bangga Kencana di Provinsi Maluku.

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga nara sumber masing-masing : Wahidah P. S.Sos. M.Si, Direktur Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga BKKBN, Ketua DPRD Maluku, Drs. Luky Wattimuri, M.Si, dan Kaper BKKBN Prov. Maluku, Dra. Renta Rego.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 250 orang terdiri dari Kepala UPT, Penyuluh KB, Pengurus Pokja Kampung KB, Kader IMP dan Poktan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dan Tim Penggerak PKK, dengan biaya bersumber dari DIPA Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku (TM)