Perwakilan BKKBN Maluku Gelar Kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Program KKBPK

Ambon – Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku menggelar kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Program  Bagi Pengelola KKBPK di Desa Waiheru Kecamatan Baguala Kota Ambon (13/11/2019). Kegiatan yang menghadirikan 250 peserta yang terdiri dari Kader KB, PPKBD, Sub PPKBD, Kader Posyandu, TGOA dan TOMA yang berasal dari beberapa desa dan kampung KB yang berada di wilayah Kota Ambon.

Plt. Kaper BKKBN Maluku. Dra. Renta Rego dalam laporannya mengungkapkan bahwa ” kegiatan ini merupakan salah satu momentum strategis untuk menggalakan kembali program KKBPK melalui dukungan tenaga-tenaga lini lapangan. Kegiatan yang didukung secara penuh oleh BKKBN Pusat diharapkan dapat memberikan dampak positf terhadap pengelolaan program KKBPK di lapangan.

Deputi Pelatihan Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN Pusat, Prof. drh. Muhammad Rizal Martua Damanik membuka dengan resmi kegiatan ini. Mengawali sambutannya “Misi program ini (KKBPK) adalah melakukan pembangunan keluarga dengan ekonomi produktif dan pelaksanaan fungsi keluarga,” terang Damanik.  Lebih lanjut, untuk menjadi keluarga yang berkualitas, keluarga Indonesia harus mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Pasalnya, ledakan pertumbuhan penduduk sangat berpotensi menyebabkan gejolak sosial dalam masyarakat. “Penduduk adalah sentra pembangunan, jika tidak dikendalikan berpotensi menimbulkan gejolak sosial, maka dari itu harus ikut KB,”

Beliau lebih lanjut mengungkapkan “Indikator keluarga yang mengalami peningkatan ketahanan dan kesejahteraan dapat dilihat dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga, Untuk diketahui, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, keluarga berencana dan sistem informasi keluarga disebutkan 8 fungsi keluarga tersebut. Di antaranya, fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.  (abi)