Depan > Index Berita > Empat Poktan Akan Dibuat di Kampung KB Desa Batu Merah
Empat Poktan Akan Dibuat di Kampung KB Desa Batu Merah
Rabu, 17 Februari 2016

Pembentukan Kampung KB gunanya agar masyarakat dapat meningkatkan program KKBPK di desa, disamping itu ada intervensi program dari lintas sektor dengan memperhatikan letak geografis dari Kampung KB tersebut.

Demikian penjelasan Edy Kastanya, SE. M.Si Kepala Bidang Keluarga Sejahtera/Pemberdayaan Keluarga (KS/PK) Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku kepada Tribun-Maluku.com di ruang kerjanya, Rabu (17/2).

Tujuan pembentukan Kampung KB adalah: Meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, untuk menurunkan/menekan angka Total Fertility Rate (TFR), dan lain-lain.

Sasaran BKKBN menetapkan suatu desa menjadi Kampung KB karena program-program KKBPK belum berjalan dengan baik di desa tersebut.

Bidang KS/PK yang dipimpin Kastanya akan melakukan program Pembangunan Keluarga di Kampung KB Desa Batu Merah Kota Ambon, dalam rangka pembentukan kesadaran dan kesejahteraan keluarga dengan beberapa kegiatan/program yaitu: program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (KBL) dan program pemberdayaan ekonomi keluarga atau Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Empat kelompok kegiatan (Poktan) ini harus dikembangkan di Kampung KB Desa Batu Merah Kota Ambon, dengan sasaran agar masyarakat dapat melaksanakan program-program KB, sehingga Kampung KB bisa berhasil dengan baik.

Setiap tiga bulan akan dievaluasi untuk mengetahui apakah program-program KB dapat berjalan dengan baik di Kampung KB atau tidak.(TM02)