BKKBN Maluku Resmi Luncurkan Savita

Ambon, BKKBN—Setelah Melewati Tahapan Focus Group Discussion (FGD) tim efektif sampai Tahapan Uji Coba Aplikasi, Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku kini melaunching aplikasi Sistem Adminitrasi Vital (SAVITA) dalam rangka Peningkatan Manajemen Tata Kelola Adminitrasi.

Aplikasi SAVITA merupakan Inovasi yang dilakukan dan dikembangkan  oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Mincie H Ubro, S.Hut., M.Si pada masa Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

Kegiatan Launching tersebut berlangsung dan dipadukan dengan Rapat Pengendalian Program dan Anggaran (Radalgram) Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku bertempat di ruang Baileo Kencana Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku pada Rabu (06/09/2023).

Aplikasi Savita diluncurkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Dra. Renta Rego disaksikan seluruh ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dan PKB/PLKB yang diikuti secara luring dan daring.

Dalam kesempatan memberikan sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku menyampaikan Arsip vital mempunyai manfaat besar bagi organisasi penciptanya, bukan hanya sebagai bahan perencanaan, pengambilan keputusan, pengawasan, dan bukti akuntabilitas kinerja, melainkan menjadi persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipta arsip, tidak dapat diperbaharui, dan tidak dapat digantikan apabila rusak atau hilang.

Dokumen/arsip vital yang di dalamnya mengandung informasi mengenai status hukum, hak dan kewajiban serta aset sebagai bukti akuntabilitas dan memori organisasi yang menjadi bukti hukum dikemudian hari perlu dikelola melalui kegiatan perlindungan, pengamanan, dan penyelamatan dari kemungkinan terjadinya bencana baik Bencana Alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami, badai dan lain-lain maupun Kemusnahan/kerusakan dan kehilangan arsip vital yang disebabkan oleh factor manusia seperti perang, sabotase, pencurian, penyadapan atau unsur kesengajaan dan kelalaian manusia.

“Aplikasi ini sudah tentu akan memberikan dampak terhadap aspek efisiensi dan efektifitas terutama dari sisi waktu dan nilai arsip yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang selama ini tidak tertata dengan baik,” ujar Renta.

Renta Rego Berharap dengan adanya aplikasi SAVITA akan terwujud sistim pengelolaan arsip vital yang efektif, mampu menjamin tersedianya arsip vital yang diperlukan dengan cepat, tepat dan aman sesuai dengan pelaksanaan peningkatan managemen tata kelola administrasi melalui aplikasi sistim administrasi vital (savita) dan menjamin keselamatan dan keamanan arsip vital sebelum maupun sesudah dari bencana serta Mendukung dan memperlancar penyelenggaraan administrasi lingkup Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku.

(k)

Humas BKKBN Maluku